Posted on Leave a comment

4 Tips Merawat Mobil agar Tidak Muncul Bau Tak Sedap

tips merawat mobil

Memiliki mobil kesayangan namun tidak tahu tips merawat mobil yang tepat agar terhindar dari bau yang tidak sedap? Jika Anda memiliki kendaraan, terkhusus mobil, tentu banyak hal-hal yang perlu Anda pahami agar kendaraan selalu dalam keadaan baik. Mulai dari perawatan rutin perhari, perbulan, hingga pertahun.

Perawatan kendaraan pribadi seperti mobil dirasa sangatlah penting. Perawatannya pun bermacam-macam, mulai dari perawatan fisik dan juga mesin. Perawatan wajib dilakukan, mengingat kenyamanan serta keselamatan Anda dan keluarga saat pemakaian. Seperti memeriksa dengan rutin cairan oli, ban, serta kebersihan mobil.

Mobil yang bersih tentu akan sangat nyaman digunakan, serta aromanya yang harum juga akan membuat pikiran Anda lebih segar dan tidak suntuk dalam mengendarai mobil. Sayangnya, bau tidak sedap dapat muncul dengan mudah, jika Anda tidak memperhatikan kebersihan mobil. Berikut merupakan beberapa tips merawat mobil untuk mencegah aroma tidak sedap pada kendaraan Anda.

Jangan Menimbun Sampah di Mobil

Apakah Anda memiliki tempat sampah khusus dalam kendaraan? Hampir sebagian besar orang yang memiliki kendaraan mobil pribadi, tentu memiliki tempat sampah khusus dalam kendaraan. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan dalam membuang sampah dan menimbunnya agar sampah tidak berserakan di kendaraan, namun hal tersebut juga dapat menjadi suatu boomerang bagi Anda.

Ketika sampah menumpuk dalam kendaraan, akan menyebabkan bau yang tidak sedap. Sehingga cara merawat mobil selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ialah membuang sampah di kendaraan secara berkala. Kosongkanlah tempat sampah tersebut setiap Anda sampai di rumah, dengan begitu kendaraan Anda akan terbebas dari aroma yang tidak sedap.

Dilarang Meninggalkan Makan dan Minum di Mobil

Sebagai pemilik kendaraan pribadi, tentunya Anda pernah membeli makanan serta minuman dan membawanya masuk ke dalam kendaraan. Tak jarang pula aroma makanan serta minuman tersebut menyerbak, memenuhi kendaraan. Tips merawat mobil pertama yang dapat Anda lakukan ialah, jangan meninggalkan sisa makanan dan minuman tersebut dalam kendaraan.

Sisa makanan dan minuman yang ditinggalkan di kendaraan, dapat menjadi penyebab utama timbulnya bau tidak sedap pada kendaraan Anda. Umumnya, makanan akan lebih cepat membusuk dan dapat mengundang hewan-hewan kecil masuk di kendaraan Anda. Keberadaan makanan membusuk tentu akan menimbulkan aroma tidak sedap yang kuat.

READ  Menjaga Kabin Mobil agar Tetap Dingin dengan 4 Langkah Ini

Selain itu minuman yang juga tidak habis dan ditinggalkan dalam kendaraan, berpotensi menimbulkan bau tidak sedap. Tentu kedua hal tersebut akan sangat mengganggu bukan? Kenyamanan serta kebersihan kendaraan jelas dapat memengaruhi fokus Anda dalam berkendara. Maka dari itu hindari kebiasaan meninggalkan makanan serta minuman di kendaraan Anda.

Membersihkan Tumpahan Makanan dan Minuman dengan Segera

Berkendara sambil menyantap makanan dan minuman tentunya adalah hal favorit yang dilakukan para pengendara. Selain menyenangkan, hal tersebut juga dapat menghemat waktu Anda untuk makan atau sekadar minum. Contohnya, ketika Anda tergesa-gesa berangkat untuk bekerja atau mengantarkan anak sekolah, Anda hanya perlu membawa makanan atau minuman tersebut.

Namun ketidak hati-hatian dalam makan dan mengendarai mobil, membuat Anda kurang fokus dalam makan atau minum, sehingga tak jarang makanan atau minuman tersebut dapat tumpah dalam kendaraan. Selain itu, jalan yang tidak mulus juga dapat menyebabkan makanan atau minuman yang diletakkan dalam kendaraan mudah terguncang dan tumpah.

Kejadian tersebut tentu mengganggu bukan? Tips merawat mobil selanjutnya ialah Anda harus segera membersihkan makanan dan minuman yang tumpah dalam kendaraan. Hal tersebut untuk menghindari tumpahan tersebut kering dan atau menyerap dalam kursi berbahan kain. Jika sudah kering atau menyerap dalam kain kursi, aroma tidak sedap akan menyerang.

Menyalakan Pendingin Udara Secara Berkala

Ketika kendaraan Anda tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, tentu juga dapat menjadi salah satu penyebab kendaraan mengeluarkan aroma bau tidak sedap. Hal tersebut dikarenakan udara lembab dan kering yang tidak terganti atau dengan kata lain, sirkulasi udara dalam kendaraan terhambat.

Cara merawat mobil terakhir untuk menghindari aroma atau bau tidak sedap dalam kendaraan Anda ialah gunakan kendaraan minimal satu kali dalam seminggu dan juga menyalakan pendingin udara minimal 10 menit untuk melancarkan sirkulasi udara dalam kendaraan.

Memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, tentu harus selaras dalam perawatannya sehingga Anda harus memahami dan mengetahui tips ini. Anda juga dapat menikmati layanan sewa mobil yang terjamin kebersihannya dengan menghubungi Rainbow Rent Car dan Anda tak perlu memikirkan tips merawat mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *