Posted on Leave a comment

7 Tips Belajar Mobil Manual bagi Pengendara Pemula

7 Tips Belajar Mobil Manual bagi Pengendara Pemula

Belajar mobil manual bisa jadi dinilai lebih sulit jika dibandingkan dengan mempelajari mobil matik. Keberadaan pedal kopling terkadang menjadi momok tersendiri bagi para pengendara pemula. Selain itu, cara berkendaranya pun dinilai lebih rumit dari mobil matik. Meskipun begitu, jangan sampai kita berkecil hati.

Dalam mengendarai mobil manual diperlukan keahlian serta kewaspadaan lebih tinggi. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang merasa mobil manual lebih menyenangkan dan menantang untuk dikendarai. Berikut ini akan dijabarkan secara lebih rinci mengenai 7 tips dalam mempelajari mobil manual bagi kita para pengemudi pemula.

Perhatikan Cara Menyalakan Mesin

Tips belajar mobil manual yang pertama adalah perhatikan apakah Anda sudah tahu cara yang benar dalam menyalakan mesin mobil. Mula-mula, sebelum kita menyalakan mesin, pastikan mobil dalam keadaan netral. Kemudian, cek kembali ketiga jenis pedal pada kaki mulai dari kiri yaitu kopling, rem, dan gas.

Setelah itu, putar kunci untuk menyalakan mesin. Pastikan kita menekan pedal kopling saat mengganti persneling ke gigi satu. Kemudian, secara perlahan lepas pedal kopling dan mulai tekan pedal gas secara perlahan pula. Jika mobil tidak kunjung berjalan, mungkin rem tangan Anda belum dilepas.

Rileks, Tenang, dan Fokus

Pastikan tubuh kita rileks sewaktu mengemudi. Jangan mengemudi jika kita masih merasa gugup atau panik. Atur napas dalam-dalam sebelum mulai berkendara. Pastikan juga konsentrasi kita tidak terpecah dan fokus terjaga. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kondisi terbaik saat berkendara menggunakan mobil kesayangan.

Mengenal dan Memahami Komponen Penting

Tips belajar mobil manual yang ketiga adalah mengenal dan memahami komponen penting yang ada dalam mobil. Beberapa komponen penting tersebut adalah gas, rem, dan kopling yang berfungsi untuk memisahkan mesin dari roda sewaktu Anda memindahkan gigi.

Pastikan pula Anda hafal bagaimana harus memindahakan persneling untuk mengubah gigi mulai dari gigi satu hingga lima. Sementara posisi R diperlukan saat Anda ingin memundurkan kendaraan kesayangan. Selain itu, Anda juga tahu beberapa komponen seperti klakson serta tuas lampu sign dan wiper.

READ  Kampas Kopling Mulai Tipis? Kenali 6 Tandanya

Jangan Lupa untuk Rajin Berlatih

Pastikan Anda giat berlatih. Jangan sampai ketakutan menghalangi kita untuk berlatih. Mulai dengan lapangan luas yang memungkinkan Anda untuk berlatih mengendarai mobil manual. Apabila sudah lancar, Anda bisa mulai berkendara di jalan sepi, jalan raya, hingga di medan yang lebih sulit seperti jalan pegunungan.

Belajar Mengatur Kecepatan

Tips belajar mobil manual yang kelima adalah pelajari bagaimana cara untuk mengatur kecepatan. Gunakan prinsip jungkat-jungkit pada pedal kopling karena di setiap perpindahan gigi baik naik maupun turun, Anda perlu menginjak pedal kopling dan juga mengurangi gas agar perpindahan gigi berjalan dengan mulus.

Hal ini umumnya cukup sulit dilakukan. Meskipun begitu, pastikan Anda sabar dalam melepaskan pedal kopling alih-alih menginjak gas dengan cepat untuk menghindari suara kasar pada mobil. Pastikan pula Anda tidak terlalu cepat mengangkat pedal kopling agar mesin mobil matik tidak tersendat atau mati.

Menguasai Teknik Pengereman

Agar dapat menjaga mobil dalam keadaan tetap stabil, maka Anda harus menguasai teknik pengereman. Pastikan Anda selalu menggunakan kaki kanan untuk melakukan pengereman agar berfungsi secara maksimal. Hal ini bertujuan agar Anda meninggalkan pedal gas sehingga pengereman dapat berfungsi dengan baik dan maksimal.

Selain itu, disarankan bagi Anda untuk terlebih dahulu menekan pedal kopling sewaktu menginjak pedal rem agar pengereman dapat berjalan lebih halus dan tidak terlalu mendadak. Injak rem saat hendak mulai berkendara sebelum Anda menginjak gas. Gunakan rem tangan saat memarkirkan kendaraan di tempat parkir.

Seimbangkan Gas dan Kopling dengan Benar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tips belajar mobilyang terakhir adalah menyeimbangkan gas dan kopling dengan benar. Setiap Anda menekan pedal gas, pastikan Anda untuk melepasnya secara perlahan sebelum Anda menekan pedal gas. Dengan begitu, mobil Anda berjalan tanpa kendala dan perjalanan pun lancar.

Bagi Anda yang sudah memiliki SIM A dan belum memiliki mobil tetapi masih ingin memperlancar, maka jawabannya adalah Rainbow Rent Car yang menyediakan beragam jenis kendaraan termasuk mobil manual terbaru dengan kondisi kendaraan yang terawat baik. Dengan begitu, belajar mobil manual menjadi lebih menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *