Posted on Leave a comment

8 Tips Jaga Kesehatan Mobil yang Lama Terparkir di Gudang

jaga kesehatan mobil

Oleh karena pandemi covid-19 yang tengah melanda, kebijakan untuk stay at home pun diperlakukan sehingga penting bagi Anda sebagai pemilik mobil untuk jaga kesehatan mobil karena kendaraan Anda mungkin akan lama tidak digunakan. Tidak digunakan berarti tidak perlu dirawat karena tetap saja dibutuhkan perawatan.

Pengecekan secara berkala teramat sangat diperlukan karena jika tidak, bisa dipastikan terdapat setidaknya satu komponen mobil kita terganggu kesehatannya. Oleh karena itu, berikut ini akan dijabarkan tips-tips untuk kesehatan mobil Anda yang beberapa waktu ini hanya berdiam di garasi.

Melakukan Pengisian Daya pada Aki

Tips pertama untuk jaga kesehatan mobil ialah melakukan pengisian daya pada aki. Mula-mula coba hidupkan mesin. Jika baru hidup setelah beberapa kali melakukan starter, maka biarkan mesin tetap hidup selama setengah jam. Baru setelah itu hidupkan kembali dan cari tahu apakah diperlukan beberapa kali starter lagi.

Jika iya, maka Anda perlu menginjak gas hingga RPM di atas 1500. Dengan begitu, alternator mobil Anda akan mengisi daya aki dengan tegangan setidaknya 13 volt. Tunggu 10 menit lalu apabila mudah untuk hit up, maka itu berarti hanya pengisian daya aki saja yang diperlukan.

Memanaskan Mesin Secara Berkala

Memanaskan mobil kita perlu dilakukan secara rutin. Apabila kita bisa melakukannya setiap hari maka sistem pelumasan pada mesin pun dapat berjalan dengan baik. Selain itu, dengan begitu Anda juga bisa memastikan apakah semua indikator di instrument cluster mobil Anda tidak menunjukkan tanda-tanda eror.

Mengecek Kondisi Mesin dengan Lebih Mendetail

Tips ketiga untuk jaga kesehatan mobil ialah melakukan pengecekan kondisi mesin secara menyeluruh dan berkala. Hal ini bertujuan untuk membaca kondisi dari kendaraan Anda secara mendetail. Apabila kita merasa kesulitan melakukan ini kita bisa menggunakan alat Diagnostic Scan Tools yang dapat mengecek kondisi mesin lebih detail.

Dengan menggunakan alat ini, kita dapat mendeteksi dan mendiagnosis kerusakan pada mesin dan komponen di dalam sistem EFI mobil Anda. Disarankan bagi Anda untuk menggunakan scanner yang mudah untuk Anda operasikan seperti Diagnostic Scan Tool dari Gut Scanpad karena Anda bisa menggunakan sistem android.

READ  Berbagai Jenis Mobil di Indonesia yang Populer

Mengecek Kondisi Lampu

Tips keempat yang mungkin sering disepelekan orang-orang adalah melakukan pengecekan pada kondisi lampu. Jangan sampai kita juga menganggap enteng hal ini karena penting bagi Anda untuk mengecek kondisi semua lampu kendaraan Anda. Dimulai dari lampu sen, lampu jarak dekat, lampu jarak jauh, dan lampu rem.

Mengecek Air Radiator

Tips kelima untuk jaga kesehatan mobil ialah melakukan pengecekan air radiator. Penting bagi Anda untuk memastikan apakah di dalam radiator coolant tank, air radiator Anda masih berada di level garis normal. Apabila kurang, maka Anda bisa menambahkan air radiator. Disarankan untuk menggunakan cairan radiator coolant.

Mengecek Kondisi Oli

Tips keenam yang tidak kalah penting adalah melakukan pengecekan kondisi oli mesin yang berfungsi penting untuk kinerja. Pengecekan ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan dipstick oli. Setelah melakukan pengecekan, lihat hasilnya, apabila warnanya masih kekuningan, maka dapat disimpulkan kondisi mesin kendaraan masih dalam kategori normal.

Akan tetapi, jika warnanya sudah hitam pekat, maka sudah saatnya untuk mengganti oli. Selain itu, kita juga perlu melakukan pengecekan pada kondisi level oli. Apabila kondisi level oli menunjukkan angka di antara titik minimum dan maksimum pada dipstick, maka bisa dikatakan masih dalam batas normal.

Mengecek Air Wiper

Tips ketujuh untuk jaga kesehatan mobil yangsering disepelekan orang-orang ialah melakukan pengecekan air wiper. Perlu diketahui, jika air wiper kurang, maka Anda perlu menambahkan airnya hingga mencapai level maksimum. Jangan lupa untuk mencoba menyemprotkannya untuk memastikan bahwa wiper berfungsi dengan baik.

Mengecek Level Minyak Rem

Tips terakhir yang penting untuk Anda lakukan adalah melakukan pengecekan level minyak rem. Apabila kurang dan warnanya sudah tidak jernih alias pekat dan gelap, maka sebaiknya Anda segera menggantinya. Selain itu, Anda juga perlu melakukan bleeding brake oil agar pengecekan minyak rem lebih maksimal.

Bagi Anda yang tidak memiliki mobil karena berpikir bahwa Anda akan jarang menggunakannya dan kerepotan dengan perawatannya, maka Rainbow Car Rent akan selalu ada saat Anda membutuhkan mobil dengan kondisi kendaraan yang terawat baik. Jadi, sudah pasti ketujuh tips untuk jaga kesehatan mobil rutin dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *