• Post category:Otomotif
  • Post comments:0 Comments
  • Post last modified:1 September 2022
  • Reading time:7 mins read

Di Indonesia, kendaraan dengan alat keamanan untuk mobil berkembang sangat pesat dan semakin maju. Baik motor dan juga mobil terus berkembang dengan berbagai fitur terbaru yang canggih. Mobil menyumbang kontribusi besar untuk indonesia dan produksinya mencapai jumlah yang banyak.

Table of Contents

Akan tetapi, kerusakan atau kendala pada mobil adalah hal yang tidak bisa di prediksi dan bisa terjadi saat Anda berada di mana pun dan kapan saja. Jika sudah begitu, Anda memang bisa membawa ke bengkel untuk reparasi.

Tapi, jika mobil berada di lokasi yang jauh dari bengkel, maka tidak ada pilihan lain untuk bisa memperbaiki sendiri. Oleh karena itu, akan sangat penting untuk menyediakan berbagai perlengkapan untuk mengatasi kendala tersebut dan juga menyediakan fitur keselamatan dalam mobil.

MacamMacam Alat Keamanan untuk Mobil

Saat mengendarai mobil pasti memerlukan sebuah alat keamanan yang ada di mobil. Macam alat keamanan yang dibutuhkan untuk mobil adalah :

VSC (Vehicle Control Stability).

Saat kendaraan bermanuver, maka fitur yang satu ini akan Anda butuhkan. Seperti namanya, fitur ini dapat menjaga stabilitas kendaraan lebih tepatnya saat melewati tikungan dengan kecepatan tinggi. Dengan fitur ini, kendaraan tidak akan terbalik dan tetap terkontrol.

ABS (Anti Locking Brake System).

untuk memperlambat laju kendaraan alias mengerem, menggunakan sistem konvensional yaitu dengan menekan bantalan rem pada rotor dan akibatnya adalah suhu yang panas agar kecepatan mobil berkurang. Sistem ini tentu tidak efektif dan akan berbahaya saat dilakukan pengereman mendadak yaitu mobil akan terlempar.

Oleh karena itu, terciptalah sistem pengereman yang lebih modern yaitu ABS. Pada sistem ini, saat mengerem secara mendadak tidak akan terjadi penguncian roda. Dengan begitu, jarak untuk mengerem lebih efektif dan mobil tetap terkendali. Pengereman juga bisa dilakukan secara lebih cepat.

Safety belt.

Fitur yang satu ini tentu sudah sangat populer. Dengan sabuk pengaman / safety belt, Anda akan tetap aman ketika terjadi pengereman mendadak atau bahkan tabrakan sekalipun. Sistem safety belt ini cukup kompleks di mana mampu membaca kapan harus mengendur dan mengencang saat berkendara.

Alat Keamanan untuk Mobil Berupa Fitur di Dalam Mobil

Macam alat keamanan mobil yang biasa dibutuhkan antara lain :

Pompa portable.

Saat tekanan ban kurang atau ban kurang angin, maka peralatan yang Anda perlukan adalah pompa ban portable. Karena peralatan ini sangat praktis, maka Anda bisa gunakan kapan dan di mana pun. Harganya murah dan juga mudah di gunakan termasuk oleh para wanita.

Dongkrak.

Peralatan dongkrak dan kunci roda adalah seperti sebuah pasangan yang tidak dapat dipisahkan. Peralatan ini memiliki fungsi untuk memasang atau membuka ban mobil. Jadi selalu siapkan peralatan ini agar jika suatu saat membutuhkan sudah tersedia di mobil Anda.

Kunci ban / kunci roda.

Ban mobil bocor adalah hal tak terduga yang bisa terjadi kapan saja. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka alangkah lebih baik untuk menyediakan peralatan ini di mobil Anda. Kunci ban digunakan saat mengganti ban bocor dengan ban serep.

Obeng.

Jika mobil Anda mengalami kerusakan dan mengharuskan untuk memasang atau melepas beberapa komponen, maka obeng adalah alat keamanan untuk mobil yang harus Anda gunakan. Siapkan obeng standar di mobil Anda yaitu obeng min (-) dan juga obeng plus (+).

Tips Melewati Genangan Air agar Mobil Tetap Aman

Berkendara melewati genangan air bisanya disepelekan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam kasus ini. Jangan pernah injak gas ketika mobil Anda melewati genangan air karena kan menjadikan spin out pada roda dan bahkan mengakibatkan hilangnya traksi pada dua roda depan.

Jika hal itu terjadi, bisa berakibat fatal yaitu mobil terbalik. Hal lain yang penting adalah untuk mengaktifkan wiper agar kaca menjadi lebih jelas. Jangan sepelekan hal ini karena jika percikan air menghalangi penglihatan Anda akan berdampak pada kecelakaan.

Jangan juga menginjak rem saat melewati genangan air karena akan menjatuhkan traksi ban ke titik paling rendah. Dan jika mobil Anda tidak dilengkapi dengan fitur ABS, rem akan tiba – tiba terkunci dan mobil bisa terguling.

di harapkan Anda akan mengemudi dengan aman dengan mengetahui teknik melewati genangan air saat berkendara. jika Anda membutuhkan jasa sewa mobil premium dengan berbagai pilihan mobil dan waktu sewa, pilihlah Rainbow Rent Cardan jangan lupa untuk selalu sediakan alat keamanan untuk mobil saat berkendara.

Tinggalkan Balasan