Posted on Leave a comment

Cegah Kebakaran pada Mobil dengan 4 Langkah Mudah Ini

cegah kebakaran pada mobil

Cegah kebakaran pada mobil apabila Anda tidak ingin kehilangan mobil atau nyawa begitu saja. Meskipun kasus mobil yang terbakar sewaktu tengah digunakan jarang terdengar, bukan berarti Anda boleh meremehkan kasus seperti ini karena si jago merah akan dengan mudah melahap kendaraan beserta isinya.

Kasus kebakaran pada mobil bisa terjadi pada siapa pun. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk waspada. Sebenarnya, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kendaraan mengalami kebakaran. Akan tetapi, yang paling umum disebabkan oleh modifikasi pada bagian yang berhubungan dengan kelistrikan.

Umumnya, percikan api disebabkan disebabkan oleh korsleting pada sistem kelistrikan yang selanjutnya dapat menyulut api dengan mudah melahap habis mobil. Oleh karena itu, berikut apa-apa saja yang bisa menyebabkan kebakaran pada mobil serta bagaimana mencegahnya dengan tepat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Periksa Ruang Mesin Terutama Aki

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai tindakan untuk cegah kebakaran pada mobil adalah memeriksa ruang mesin itu sendiri. Periksa juga terminal positif pada aki karena juga merupakan bagian penting. Hal ini dilakukan untuk mengetahui banyak kabel tambahan dari aksesori tambahan yang memerlukan listrik.

Perlu Anda ketahui, jika di dalam ruang mesin terdapat banyak kabel tambahan yang tidak sesuai standar maka besar kemungkinan sistem kelistrikan di mobil Anda bermasalah. Selain itu, penataan kabel yang tidak rapi di dalam ruang mesin, juga dapat memicu kemungkinan korsleting pada sistem kelistrikan.

Memilih Ukuran Kabel yang Sesuai

Cara cegah kebakaran pada mobil yang selanjutnya adalah memeriksa apakah pemilihan kabel yang digunakan telah sesuai atau belum. Sesuai atau tidaknya kabel dapat diketahui dengan kesesuaian besar kecil diameter serta panjang pendeknya kabel yang digunakan. Dengan begitu, kabel bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Apabila terdapat ketidaksesuaian dalam pemilihan kabel maka hal ini dapat menyebabkan korsleting pada sistem kelistrikan di dalam kendaraan. Secara lebih rinci, ketidaksesuaian ukuran kabel dapat memengaruhi besar kecilnya tegangan arus listrik sehingga listrik pun tidak dapat mengalir dengan maksimal atau sebagai mana mestinya.

READ  Tips Mengatasi Masalah Audio Mobil yang Umum Terjadi

Jadi, perlu Anda pahami bahwa daya tegangan listrik dalam setiap komponen mobil itu berbeda beda. Oleh karena itu, sangat diperlukan pemilihan kabel yang telah disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu korsleting pada sistem kelistrikan di dalam mobil pun dapat terhindar dan kendaraan pun bisa digunakan untuk perjalanan.

Periksa Baut Aki

Cara ketiga untuk cegah kebakaran pada mobil adalah memastikan bagaimana kondisi dari kabel paralel pada aki mobil. Penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa kabel paralel dalam aki ini kerap kali menjadi sumber korsleting pada sistem kelistrikan di dalam mobil yang pada akhirnya menyebabkan kebakaran.

Hal ini umumnya disebabkan oleh keteledoran manusia, seperti disebabkan oleh montir yang ceroboh saat melakukan pengencangan baut pada aki saat Anda melakukan servis rutin. Akan tetapi bisa juga oleh diri Anda sendiri yang teledor yang secara manual melakukan pengencangan pada baut dalam aki.

Anda perlu paham, apabila pengencangan baut aki tidak dilakukan secara maksimal maka dapat mengakibatkan kebakaran pada mesin mobil dan hal ini tentunya tidak Anda inginkan, bukan? Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksa kembali apakah baut aki telah dikencangkan secara maksimal agar bisa berfungsi dengan baik.

Pastikan Tidak ada Kabel Terputus

Cara yang terakhir untuk cegah kebakaran pada mobil ialahmemeriksa secara menyeluruh kondisi kabel Anda. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya kabel yang putus. Kabel dapat putus karena beragam sebab yang mungkin tidak Anda sangka-sangka. Sebagai contoh, karena kabel digigit tikus sehingga kabel terputus.

Selain itu, hewan-hewan lain yang masuk ke dalam rangka kendaraan juga bisa menjadi penyebab putusnya kabel bahkan gesekan roda kendaraan pun juga dapat membuat kabel putus. Apabila terdapat terlalu banyak kabel, maka arus kelistrikan mobil Anda tidak akan berjalan dengan maksimal hingga mampu menyebabkan korsleting.

Apabila Anda merasa terlalu repot untuk memiliki mobil dan melakukan segala perawatan tersebut, maka Rainbow Car Rent hadir dengan kondisi kendaraan yang terawat baik dan telah dilengkapi asuransi. Jadi, sudah dipastikan keempat langkah untuk cegah kebakaran pada mobil di atas telah dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *