Posted on 3 Comments

Jarang Dipakai, Inilah 5 Tips Merawat Aki Mobil yang Benar

5 Tips Merawat Aki Mobil yang Jarang Dipakai

Di tengah pandemi yang melanda dunia, merawat aki mobil menjadi suatu hal paling penting bagi para pemilik kendaraan. Singkatnya, jika orang-orang dipaksa untuk stay at home maka secara otomatis mobil tidak akan digunakan dalam jangka waktu tersebut. Banyak mobil yang akhirnya hanya berada di garasi.

Apabila mobil lama tidak digunakan dalam jangka waktu cukup lama akan berdampak pada kesehatan akinya. Aki atau aki bermasalah akan menyebabkan mesin kendaraan tidak dapat dinyalakan begitu pula dengan komponen kendaraan lain yang membutuhkan listrik untuk menyala. Anda tentunya tidak ingin mengalami hal ini, bukan?

Anda mungkin saja berpikir untuk menggantinya saja. Akan tetapi, bagaimana jika kerusakannya meluas pada komponen lain? Kalau begitu, tidak lagi hanya biaya ganti aki yang harus Anda tanggung. Oleh itu, berikut ini dijabarkan 5 tips mudahnya dalam melakukan perawatan aki mobil.

Mengecek Kondisi Fisik Aki

Tips merawat aki mobil pertama adalah melakukan pengecekan pada kondisi fisik dari aki. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada korosi yang muncul pada kutub aki atau sambungan. Apabila Anda menemukan adanya korosi, maka besar kemungkinan arus daya pada aki kendaraan akan terganggu.

Pada umumnya korosi ditemukan pada kutub positif bagian atas aki. Jadi, sebelum korosi tersebut mengakibatkan penurunan performa aki, maka Anda sebaiknya segera membersihkan korosi tersebut. Caranya bahkan cukup mudah. Cukup disiram dengan air panas lalu sikat dengan sikat gigi bekas dan korosi dapat dihilangkan.

Mengecek Kondisi Kabel Terminal Aki

Tips merawat aki mobil kedua ialah melakukan pengecekan pada kabel terminal aki. Bagian ini selalu dicek oleh montir saat Anda menserviskan mobil. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat kabel terminal aki sangatlah penting karena bagian ini terhubung dengan komponen-komponen mobil yang membutuhkan arus listrik.

Pastikan Anda mengecek apakah sambungan terminal aki kendor atau tidak karena hal ini dapat membuat proses pengisian daya pada aki menjadi tidak maksimal. Di satu sisi, kendornya sambungan terminal aki ini dapat menyebabkan komponen kelistrikan pada mobil menjadi tidak stabil. Jadi, jangan lupa untuk mengeceknya.

READ  Memilih Headlight Mobil Terbaik, HID dan LED

Memperhatikan Kondisi Air Aki

Tips merawat aki mobil selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memperhatikan kondisi air aki. Untuk tips yang ketiga ini hanya berlaku pada pengguna aki basah yang umumnya kini jarang digunakan. Hal ini dikarenakan penggunaannya tidak praktis karena penyimpanan daya dipengaruhi kondisi air aki pada kendaraan.

Apabila air aki dalam kondisi di bawah standar maka penyimpanan daya tidak maksimal. Kondisi air aki yang kurang ini juga dapat menyebabkan arus daya pada aki menurun. Dengan begitu, kemungkinan komponen kelistrikan lainnya yang ada pada mobil terganggu pun semakin besar dan bisa semakin parah.

Memanaskan Mesin Mobil

Tips merawat aki mobil berikutnya ialah memanaskan mesin kendaraan. Cara atau tips kelima ini terbilang sangat mudah dan tepat dilakukan pada kendaraan yang jarang digunakan. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat cara ini mampu menjaga performa aki agar tetap optimal dan terhindar dari kerusakan.

Cukup beberapa menit saja, maka Anda dapat mencegah kemungkinan aki kekurangan daya. Dengan begitu, arus tegangan pada aki dapat bergerak dan memasok daya pada seluruh komponen kelistrikan yang ada pada kendaraan. Hal ini pada akhirnya dapat mencegah kerusakan pada komponen-komponen kendaraan tersebut.

Membawa Mobil Berkeliling

Tips terakhir sebenarnya merupakan cara untuk memaksimalkan kesehatan aki. Jadi, meskipun, memanaskan mobil sudah cukup, membawa mobil berkeliling terbilang jauh lebih baik. Sebab, komponen pengisi daya pada mobil baru dapat memasok daya ke aki sewaktu putaran mesin telah mencapai 2.000 rpm sehingga bisa berfungsi maksimal.

Jadi, sangat disarankan bagi Anda membawa mobil berkeliling setidaknya 30 hingga 40 menit guna memastikan putaran mesin Anda telah mencapai 2000 rpm. Dengan begitu, pengisian daya aki pada kendaraan Anda akan menjadi lebih maksimal dan aki pun bisa digunakan untuk perjalanan Anda.

Meskipun merawat aki terbilang cukup mudah, bagi beberapa orang yang menyukai hal-hal praktis, hal ini bisa terasa merepotkan. Bagi Anda yang jarang berkendara namun sesekali membutuhkan mobil, maka Rainbow Car Rent jawabannya. Anda cukup menyewa tanpa perlu repot merawat aki mobil.

3 thoughts on “Jarang Dipakai, Inilah 5 Tips Merawat Aki Mobil yang Benar

  1. […] 13 volt. Tunggu 10 menit lalu apabila mudah untuk hit up, maka itu berarti hanya pengisian daya aki saja yang […]

  2. […] ruang mesin terdapat banyak kabel tambahan yang tidak sesuai standar maka besar kemungkinan sistem kelistrikan di mobil Anda bermasalah. Selain itu, penataan kabel yang tidak rapi di dalam ruang mesin, juga […]

  3. […] harus paham beberapa tips serta trik untuk merawat mobil Anda. Mulai dari perawatan fisik hingga perawatan mesin harus dilakukan secara rutin agar kendaraan selalu nyaman untuk diajak […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *