• Post category:Otomotif
  • Post comments:0 Comments
  • Post last modified:11 Oktober 2022
  • Reading time:2 mins read

Pasti Anda sering melihat di berbagai POM Bensin baik itu Pertamina, Vivo, Shell, dll terdapat berbagai pilihan jenis Bahan Bakar dengan mencantumkan kode angka 2 digit. Kode angka tersebut adalah oktan yang terkandung dalam bahan bakar tersebut. Oktan atau biasa disebut dengan RON merupakan kepanjangan dari Research Octane Number yang memberitahukan kualitas dari bahan bakar.

Kualitas bahan bakar untuk setiap kendaraan berbeda-beda. Ada kendaraan yang mengharuskan menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi. Dan ada pula yang cukup menggunakan oktan yang standar tergantung dari seberapa banyak tekanan yang diberikan untuk menciptakan knocking sebelum bensin terbakar.

Knocking merupakan proses bensin yang sedang terbakar di ruang bakar, namun ternyata tidak mampu terbakar secara sempurna. Bentuk pembakaran tidak sempurna ini bisa dalam kondisi terbakar lebih awal atau tidak terbakar habis sehingga menciptakan pembakaran kasar.

Mengapa Menggunakan Bahan Bakar Oktan Tinggi?

Kualitas bahan bakar tergantung pada kompresi mesin mobil. Kompresi mesin mobil yang tinggi membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi pula. Penggunaan bahan bakar dengan oktan yang tinggi dapat mencegah terjadinya premature combustion.

Tinggalkan Balasan