Posted on Leave a comment

Memilih Headlight Mobil Terbaik, HID dan LED

headlight mobil

Anda harus mempertimbangkan betapa pentingnya headlight mobil saat mengemudi terutama di malam hari. Sangat disayangkan beberapa orang bahkan menunggu lampunya padam terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memperhatikan headlight atau lampu depan mobil. Sebenarnya inspeksi headlight sebagai bagian rutin dari perawatan mobil Anda.


Jika Anda ingin meningkatkan lampu depan mobil, Anda mungkin melihat dua opsi berbeda yaitu HID dan LED. Tetapi Anda sebelumnya perlu mengetahui mana yang merupakan pilihan yang lebih baik. Anda perlu mengetahui mengenai pro dan kontra dari masing-masing headlight agar dapat memutuskan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.


Mengenal Cara Kerja Lampu Depan Mobil HID dan LED

Lampu depan HID, juga dikenal sebagai lampu depan Xenon. Headlight mobil ini menggunakan gas dan logam langka yang memancarkan cahaya putih-biru cerah saat filamen dipanaskan. Mereka pertama kali digunakan oleh BMW pada 1990-an. Sejak itu HID dijuluki sebagai salah satu pilihan headlight paling premium.

Faktanya, kecerahan lampu mobil menjadi salah satu peraturan keselamatan. Lampu HID bisa tiga kali lebih terang dari lampu halogen dan juga sedikit lebih hemat energi. Meskipun masih menjadi salah satu opsi yang mahal, harganya menjadi lebih masuk akal karena lampu HID akan memberikan yang terbaik.

Tidak seperti bohlam HID, bohlam light-emitting diode (LED) tidak beroperasi dengan filamen. Sebaliknya, mereka mentransfer arus melalui semi konduktor. Ini memancarkan foton, dan ledakan lalu jadilah cahaya. Lampu depan LED juga telah mengatasi popularitas halogen dalam beberapa tahun terakhir.


Headlight mobil LED membutuhkan heatsink ekstra dan kipas agar tetap dingin. Hal ini yang membuat harganya lebih tinggi. Namun suhu pengoperasian yang lebih dingin membuatnya lebih ramah lingkungan. Dengan kondisi seperti ini, headlight LED memiliki kemampuan untuk bekerja hampir tanpa batas.


Perbedaan Utama Antara Headlight LED dan HID

Dalam hal kecerahan, HID adalah headlight paling terang di pasaran. Cahaya yang dipancarkannya mencakup area yang lebih luas daripada lampu halogen dan LED. Faktanya, area yang dicakup oleh headlight HID hampir sepertiga lebih besar dari area yang dicakup oleh headlight LED.

Headlight mobil HID juga lebih efektif untuk menerangi sisi jalan. Namun, jika tidak dipasang dengan benar, lampu depan HID dapat merefleksikan sejumlah sinar silau kepada pengemudi lain. Inilah mengapa sangat penting untuk memasang headlight HID dengan aman. Serahkan urusan ini kepada para profesional yang berpengalaman.

READ  Berbagai Jenis Mobil di Indonesia yang Populer


Apapun pilihannya, Anda akan membutuhkan kit konversi untuk membantu Anda jika baru saja beralih dari halogen. Tidak ada pilihan yang cocok dengan unit rumah lampu depan untuk bohlam tradisional. Sejauh menyangkut ukuran bohlam yang sebenarnya, LED cenderung lebih kompak sementara HID cenderung sedikit lebih besar.


Salah satu daya tarik terbesar bagi konsumen pada headlight mobil LED adalah mereka dapat bekerja selama lebih dari 20.000 jam. Ini berarti mereka hampir tidak perlu diganti. LED juga tidak memiliki bagian kecil yang mudah pecah sehingga membuatnya sedikit lebih tahan lama dibandingkan HID.


Lampu depan LED biasanya hanya tersedia dalam empat warna yaitu putih, kuning, biru dan ungu. Banyak pengecer hanya menawarkan kit konversi lampu depan LED (lampu kabut) berwarna putih. Di sisi lain, sebagian besar pengecer di pasar menawarkan HID hingga tujuh warna.

Warna ini berkisar dari kuning keemasan seperti lampu halogen dan bekerja dengan baik dalam kabut hingga putih bersih, biru, dan bahkan ungu. Untuk lampu depan HID dan LED, putih adalah yang paling terang. Warna heboh seperti ungu dan biru biasanya digunakan oleh para pecinta modifikasi otomotif.


Cara Menentukan Headlight Mobil Apa yang Cocok dan Harus Anda Pilih

Banyak pelanggan terus memilih HID ketika mereka memutuskan untuk meningkatkan lampu depan mereka. Mereka lebih terang dan lebih efisien daripada LED, dan merupakan pilihan optimal jika anggaran Anda terbatas. Namun, banyak pengguna HID yang akhirnya memutuskan untuk beralih ke LED karena lebih tahan lama dan lebih murah.

Singkatnya, HID adalah solusi jangka pendek yang bagus. Tetapi jika Anda adalah orang yang lebih berorientasi pada masa depan, mungkin akan sepadan dengan uang ekstra yang Anda keluarkan untuk membeli sepasang LED. Sangat penting untuk mempertimbangkan manfaat investasi jangka panjang yang akan Anda terima.

Jika Anda ingin merasakan terlebih dahulu bagaimana daya tarik headlight HID ataupun LED, Rainbow Rent Car dapat membantu Anda. Perusahaan ini dapat menyediakan berbagai jenis mobil dan spesifikasi detail yang Anda inginkan. Dengan pelayanan yang professional, mereka dapat membantu memilih headlight mobil yang tepat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *