Posted on Leave a comment

Menjaga Kabin Mobil agar Tetap Dingin dengan 4 Langkah Ini

Menjaga Kabin Mobil

Salah satu hal penting dalam perawatan mobil ialah menjaga kabin mobil. Jika Anda memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, tentu harus paham beberapa tips serta trik untuk merawat mobil Anda. Mulai dari perawatan fisik hingga perawatan mesin harus dilakukan secara rutin agar kendaraan selalu nyaman untuk diajak berkendara.

Kabin mobil tentunya merupakan salah satu sumber yang dapat memberikan kenyamanan saat Anda berkendara. Biasanya, ciri kabin mobil yang baik ialah wajib memiliki AC atau pendingin yang dingin dan berfungsi dengan baik. Tentu hal ini akan sangat berpengaruh saat Anda berkendara bukan?

Ketika kabin mobil dapat memberikan kesan serta udara yang sejuk, terlebih ketika Anda sedang berkendara di siang hari yang terik, akan membuat Anda merasa baik dalam perjalanan. Beberapa hal berikut adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kabin mobil agar selalu dalam kondisi baik.

Menyetel AC pada Mode Terendah

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan ialah penggunaan pendingin pada kabin mobil Anda. Pesan yang perlu Anda pahami ialah, gunakan pendingin dengan baik dan bijak. Ketika kendaraan baru pertama kali dinyalakan, tentu ada dalam kondisi suhu yang amat panas, terlebih jika kendaraan baru saja terparkir di lahan yang panas.

Dalam kondisi tersebut, demi menjaga kabin mobil dalam kualitas prima, menyetel AC dalam mode terendah saat mesin pertama kali dinyalakan. Hal ini dilakukan agar AC juga secara otomatis dapat melakukan penyesuaian suhu ruang, lalu perlahan-lahan dinaikkan sesuai kebutuhan. Hal ini akan memperpanjang usia pemakaian pendingin.

Melakukan Pembersihan atau Penggantian Filter AC Secara Rutin

Memiliki kabin mobil yang selalu dalam keadaan baik dan dapat memberikan kesejukan ialah mengetahui secara pasti kondisi AC pada kabin mobil Anda. Kondisi AC tentunya sangat dipengaruhi oleh filter AC tersebut. Kotor atau tidaknya filter tentu amat berperan pada dingin atau tidaknya AC mobil.

Langkah kedua yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kabin mobil selalu dalam keadaan baik ialah rutin melakukan pembersihan filter pendingin secara berkala. Karena, ketika kualitas sirkulasi udara pada mobil buruk, akan membuat AC lebih bekerja keras sehingga akan memperpendek usia pemakaiannya.

READ  4 Cara Merawat Mobil Matik agar Tetap Prima saat Digunakan

Kondisi bahan bakar pun juga akan dipengaruhi oleh kondisi AC yang tidak berfungsi dengan baik sehingga, konsumsinya akan menjadi sangat boros. Bahkan jika diperlukan, Anda dapat mengganti filter pendingin yang ada jika kondisinya dinilai sudah tidak baik. Demi menjaga kondisi kabin agar selalu dingin.

ac mobil
Menjaga Kabin Mobil

Memanfaatkan Mode Re-Circulation

Langkah lainnya yang perlu Anda terapkan dan juga perhatikan dalam menjaga kabin mobil ialah memanfaatkan mode Re-Circulation pada mobil Anda. Pada langkah pertama yang telah dijelaskan di atas, pastikan Anda menyalakan pendingin pada mode terendah ketika mobil distarter pertama kali. Hal ini dilakukan untuk menjaga performa AC.

Hal tersebut tentu dilakukan untuk memperpanjang umur pemakaian AC. Setelah kabin mulai terasa sejuk dan suhu keseluruhan mobil mulai menurun atau dingin, segera aktifkan mode Re-Circulation pada pendingin. Pengaturan tersebut akan membuat AC memanfaatkan udara dari dalam kabin, dan tidak menghisap udara yang panas di luar.

Kondisi tersebut tentu akan membantu mengembalikan kondisi sejuk pada kabin mobil secara cepat dan teratur. Cara tersebut tentu harus Anda manfaatkan untuk merawat kabin mobilselalu dalam kondisi prima, serta menghindari kerusakan AC secara cepat karena pemakaian yang kurang tepat.

Pola Mematikan AC Setelah Usai digunakan

Mungkin hal yang satu ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan para pengguna mobil, atau Anda termasuk di dalamnya? Yap, mematikan mesin AC. Mematikan AC tentu harus Anda perhatikan dengan baik, karena jika Anda tidak mematikan AC namun langsung mematikan mesin, tentu akan merusak pendingin secara cepat.

Pastikan Anda telah mematikan pendingin terlebih dahulu sebelum Anda mematikan mesin mobil secara menyeluruh. Hal tersebut dilakukan untuk mengeluarkan udara kering yang ada dalam kabin, dan juga mencegah tumbuhnya jamur pada interior mobil. Langkah ini dapat dibilang cukup mudah dilakukan, namun sering luput dari perhatian.

Memiliki kabin yang selalu sejuk dengan kualitas yang prima tentu adalah harapan setiap orang. Sekedar pergi berwisata atau perjalanan dinas? Anda juga dapat menyewa kendaraan dengan kualitas kabin serta mesin yang baik pada Rainbow Rent Car yang pastinya menjaga kabin mobil dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *