• Post category:Otomotif
  • Post comments:0 Comments
  • Post last modified:7 September 2022
  • Reading time:5 mins read

Setelah melakukan tint kaca mobil, perawatan yang tepat adalah suatu keharusan untuk memastikan film tint tetap bertahan. Jadi untuk membantu Anda merawat warna kaca mobil, Anda perlu memahami bagaimana panduan perawatan yang baik. Produk yang direkomendasikan ialah produk yang tidak akan merusak tampilan jendela Anda.

Table of Contents


Kaca mobil berwarna membutuhkan perawatan dan pemeliharaan rutin untuk memastikannya bertahan selama mungkin. Terlebih lagi, pembersihan rutin juga akan membantu menjaga tampilan warna mobil Anda dan memastikannya aman. Saat membersihkan, lakukan selembut mungkin untuk menghindari kerusakan lapisan tint film.

Tint film rentan terhadap goresan yang akan membuatnya memudar jika metode membersihkan dan alat yang digunakan salah. Maka dari itu Anda tidak bisa sembarang menggunakan kain untuk membersihkan kaca mobil Anda. Pakailah metode perawatan dan pembersihan dengan menggunakan perlengkapan ramah warna.

Alat dan Cara Membuat Campuran Larutan yang Tepat untuk Membersihkan Tint Kaca Mobil

Alat-alat yang Anda butuhkan untuk membersihkan kaca mobil yang menggunakan tint film ialah pembersih lembut bebas amonia. Kemudian dua kain mikrofiber bersih, bucket (opsional), dan air suling (opsional). Untuk menghemat uang, Anda dapat membuat pembersih kaca ramah warna bebas amonia sendiri.

Cara membuatnya biasanya dengan menggabungkan sabun lembut, air suling, dan disinfektan seperti alkohol. Untuk membuat pembersih ramah warna sendiri, Anda membutuhkan sabun bayi, air suling, alkohol gosok isopropil (91% atau lebih rendah), dan botol semprotan bersih.

Cara membuat campuran pembersih ramah warna ialah dengan menambahkan 2 sendok makan alkohol gosok ke botol semprotan. Kemudian tambahkan beberapa tetes sabun bayi. Lalu isi botol dengan air suling. Kencangkan bagian atas botol semprot dan kocok campuran tersebut untuk memastikan larutan tercampur dengan baik.

Cara Membersihkan dan Merawat Tint Kaca Mobil dengan Benar

Parkirkan mobil di tempat teduh. Membersihkan kaca di bawah sinar matahari langsung akan menyebabkan pembersih terlalu cepat mengering, sehingga sulit untuk membersihkan kaca dengan benar. Hindari parkir di bawah pohon cemberut seperti pinus, karena getah pohon dapat merusak lapisan mobil Anda.

Saat mencuci mobil Anda, simpan kaca untuk yang terakhir. Dengan cara ini, Anda tidak akan membilas atau menyemprotkan kotoran ke kaca yang baru saja Anda bersihkan. Terlebih lagi, jika Anda menggunakan pembersih berbahan dasar amonia, berhati-hatilah. Untuk kaca yang sangat kotor, gunakan pembersih tahan warna terlebih dahulu.

Semprotkan pembersih ramah warna dan seka kotoran. Pembersih bebas amonia dapat digunakan pada interior dan eksterior kaca. Anda mungkin perlu mencampur pembersih Anda ke dalam ember terlebih dahulu (periksa instruksi di botol). Untuk menghindari kehilangan apa pun, seka interior dan eksterior secara berbeda.

Misalnya dengan cara horizontal dan vertikal. Gosok tepi film warna dengan kain lembab untuk dibersihkan, diikuti dengan kain kering untuk mengeringkan tepi dan mencegah cairan pembersih merembes ke bawah film warna. Gunakan satu kain mikrofiber untuk membersihkan. Gunakan kain lainnya untuk menyeka kaca hingga kering.

Gunakan seember air untuk tint kaca mobil yang sangat kotor. Jika kaca Anda sangat kotor, bilas kain pembersih Anda dengan air secara teratur untuk mencegah penyebaran kotoran di sekitar kaca Anda. Berhati-hatilah untuk menghindari tepi pewarnaan terlalu basah dengan pembersih atau air.

Jika kelembapan masuk ke dalam film tint, film dapat terkelupas dari kaca.
Untuk rumah dengan air leding keras, gunakan air suling sebagai pengganti air ledeng di ember. Air sadah dapat meninggalkan bintik-bintik putih di kaca Anda.

Finishing dalam Membersihkan dan Merawat Kaca Mobil dengan Tint Film

Cari tempat yang terlewat di kaca Anda baik dari dalam maupun luar kendaraan Anda. Ubah sudut pandang Anda dan mundur beberapa langkah untuk menangkap tempat mana pun. Jika Anda melihat ada noda yang terlewat, semprotkan pembersih ramah warna ke kain pembersih Anda dan seka noda tersebut, lalu keringkan.

Jika Anda melihat gelembung di kaca Anda, gunakan kartu plastik yang dibungkus dengan kain mikrofiber untuk mendorong gelembung dengan lembut ke tepi terdekat. Gunakan jarum titik halus untuk membuat lubang kecil di gelembung dan lepaskan udara yang terperangkap di bawah film warna.

Anda dapat mempelajari lebih banyak hal mengenai perawatan kaca mobil di Rainbow Rent Car. Selain perusahaan rental mobil, perusahaan ini juga memberikan berbagai tips menarik mengenai perawatan mobil. Anda bisa mengetahui hal penting lainnya seperti bahan yang harus dihindari dalam membersihkan tint kaca mobil.

Tinggalkan Balasan