Posted on Leave a comment

Tipe Mesin Mobil Terbaik untuk Performa Berkendara yang Maksimal

tipe mesin mobil terbaik

Berkembangnya alat transportasi dengan Tipe Mesin Mobil Terbaik sekarang ini, didukung oleh komponen mesin otomotif yang memberi performa untuk berbagai jenis kendaraan seperti motor, mobil, pesawat terbang, dan lain sebagainya. Pengetahuan mengenai otomotif dapat memberi banyak kegunaan untuk Anda dalam memilih kendaraan.

Terciptanya berbagai jenis kendaraan di zaman ini berawal dari pengetahuan akan dunia otomotif yang meliputi mesin, interior, dan banyak hal lain. Tak menutup kemungkinan bahwa dengan memperdalam ilmu otomotif Anda nantinya dapat menangani kendala yang terjadi pada alat transportasi Anda.

Ada banyak jenis mesin kendaraan dengan spesifikasi, kekurangan, dan kelebihan masing – masing. Ada yang masih terus digunakan, namun ada juga yang sudah sulit ditemukan karena kurang mampu bersaing dengan jenis lain yang terus berkembang.

Tipe Mesin Mobil Terbaik Jenis X, U, dan H

Mobil yang baik dan berkualitas bagus tentunya memiliki mesin yang baik. Tipe mesin yang bagus untuk mobil adalah :

Mesin X

Tipe ini dihasilkan dari penggabungan mesin V blok horizontal yang menentang satu sama lain. Karena kompleksitas dan berat yang kalah tanding dengan mesin biasa, jenis ini sekarang lumayan sulit ditemukan. Jenis ini banyak digunakan saat perang dunia 2 untuk keperluan pesawat militer besar.

Sebagian besar yang diproduksi adalah X-24, dan pada pengembangannya di tahun 1920 adalah Ford, X8. kemudian dikembangkan juga Daimler-Benz DB 604 untuk angkatan udara Jerman yang dipimpin oleh Goering untuk program bomber B. untuk Caproni F6 tempur pada 1943, dikembangkan Isotta-Fraschini Zeta R.C. 24/60

Mesin U

Tipe Mesin Mobil Terbaik ini memiliki penampakan seperti 2 mesin inline sejajar yang membentuk huruf U. 2 poros engkol masing – masing pada mesin tersebut dihubungkan dengan rantai atau geer. Karena kompleks dan berat, mesin ini tidak dapat berkembang.

Penggunaan tipe ini pada 1931 – 1959 adalah pada sepeda motor Ariel Square Engine. Desain tersebut lalu dikembangkan lagi sebagai versi 2 untuk motor balap dan mencapai produksi massal yaitu Suzuki RG500. meski tidak cukup laku untuk produksi massal, tipe ini berhasil dalam dunia balap.

Mesin H

Jika dilihat dari arah depan, bentuk tipe mesin ini menyerupai huruf H dalam susunan horizontal atau vertikal. Tipe ini terdiri dari 2 mesin datar yaitu satu di samping, dan satu di atas yang lain. Crankshaft pada masing – masing mesin digabungkan pada ujungnya.

READ  Ternyata Remote Starter Mobil Memiliki Banyak Manfaat

Jenis ini memiliki kelemahan untuk aplikasi balap mobil karena agar knalpot dapat tersalur dengan baik, mesin harus dibuat lebih tinggi. Tapi cukup menguntungkan untuk pesawat karena memungkinkan untuk desain multi silinder yang lebih pendek.

Tipe Mesin Mobil Terbaik Lainnya

Selain mesin mobil terbaik di atas, ada juga tipe mesin mobil terbaik yang lainnya yaitu :

Vee Engine (Mesin V)

Mesin ini memiliki sudut tertentu dan berbentuk V, sesuai namanya. Anda bisa mengamatinya pada motor Harley Davidson yang menggunakan tipe ini. Nama mesin V bervariasi yang disesuaikan dengan jumlah silindernya. Misal V8, V10, V12, dan lainnya.

Bahkan pada jenis ini, silindernya bisa mencapai jumlah 24 yaitu pada V24. Di bandingkan dengan mesin inline dengan teknologi yang sama, penggunaan banyak silinder akan menghasilkan torsi maksimal yang lebih besar dan nilai gravitasi yang lebih rendah.

Straight Engine (Mesin Inline Sejajar)

Konfigurasi pada mesin tipe ini adalah 2,3,4,6 maupun 8. semakin banyak silinder pada tipe ini, maka untuk mencapai keseimbangan juga akan semakin sulit. Namun,

dalam segi konstruksi dan pembuatan, jenis mesin yang satu ini ini lebih mudah. Selain itu mesin ini juga lebih menguntungkan dalam penempatan di kabin mesin karena dapat dibuat kompak. Tipe ini digunakan pada banyak mesin mobil seperti Kijang Inova, Toyota, Avanza, Mitsubishi Kuda, dan lainnya.

Mesin W

Pemakaian pertama jenis ini adalah pada tahun 1906 pada sepeda motor Anzani. Tipe ini memiliki pengaturan yang menyerupai huruf W. mesin ini banyak dikembangkan oleh pabrikan Group Volkswagen. Seperti tipe V, pada tipe W penamaan juga sesuai jumlah silinder.

Pada tahun 2006, terjadi puncak perkembangan tipe W yaitu dengan terbitnya Mesin W16 yang memiliki kapasitas 8 liter dan dipasang di mesin Buggati Veyron. W16 menghasilkan tenaga 100ps/6000 rpm yang dilengkapi dengan 4 buah turbo charger.

Kebutuhan transportasi di era sekarang memang cukup dominan. Kemampuan sebuah mobil menampung orang dalam jumlah cukup banyak dan juga terasa nyaman, memberi keunggulan tersendiri. Anda tak harus membeli Tipe Mesin Mobil Terbaik dengan menghabiskan banyak uang, dapatkan sewa mobil mewah berkualitas di Rainbow Rent Car.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *