Posted on 3 Comments

4 Cara Merawat Mobil Matik agar Tetap Prima saat Digunakan

cara merawat mobil matik

Memiliki mobil, terkhusus mobil matik, tentu adalah impian banyak orang sehingga cara merawat mobil matik ini akan bermanfaat. Mungkin Anda termasuk ke dalamnya. Kendaraan pribadi tentu akan memudahkan banyak hal dan kegiatan sehari-hari Anda.

Saat ini, mobil matik memang menjadi primadona di berbagai kalangan. Mulai dari anak muda hingga orang dewasa, berpendapat bahwa mobil matik memang lebih mudah untuk dioperasikan dan nyaman untuk digunakan dalam perjalanan jauh. Karena tidak perlu banyak tenaga dalam mengubah gigi dan juga bermain kopling.

Jika Anda salah satu penggemar kendaraan matik, Anda harus tahu beberapa hal terkait dengannya. Salah satu faktanya ialah suku cadang dan perawatannya yang tergolong lebih mahal dibandingkan mobil manual. Agar tidak mudah rusak, Anda tentu harus mengetahui hal-hal detail mengenai cara merawat mobil matik dengan teknik yang tepat, berikut ulasannya.

Servis Mobil yang Terjadwal secara Rutin dan Menyeluruh

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk merawat mobil matik kesayangan Anda ialah, jadwalkan dengan rutin servis kendaraan matik tersebut. Tentunya servis diharapkan secara menyeluruh agar mengetahui kerusakan-kerusakan kecil yang mungkin terjadi dan juga merawat mesin dengan baik agar kendaraan selalu prima kapan pun Anda gunakan.

Jika dilakukan secara rutin, tentu Anda sebagai pemilik akan mengetahui secara pasti, apakah terjadi kerusakan-kerusakan kecil atau bahkan masalah yang cukup serius. Dengan begitu Anda juga dapat memperbaikinya sedari awal jika terjadi kerusakan agar tidak semakin parah. Tentu cara merawat mobil matik ini amat penting.

Melakukan Pergantian Oli Transmisi Secara Berkala

Selanjutnya, ketika Anda memiliki kendaraan pribadi berupa kendaraan matik, hal yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan terhadap mobil tersebut ialah melakukan pergantian oli transmisi secara berkala, sesuai dengan waktu atau kebutuhan kendaraan matik tersebut. Oli merupakan hal yang amat penting bagi kendaraan matik.

Oli sendiri berfungsi sebagai pelumas, serta pembersih kotoran dan juga pencegah karatan pada mesin kendaraan. Jelas cara merawat mobil matik yang satu ini juga amat penting diperhatikan. Selain itu Anda juga harus menggunakan oli transmisi yang sesuai dengan standar pabrik dan memiliki kualitas yang baik agar tidak merusak kendaraan.

READ  3 Fakta Mengenai Aksesoris Mobil Subwoofer dan Sistem Stereo Mobil

Pergantian oli secara berkala dilakukan untuk menjaga kualitas oli tetap baik sehingga juga berfungsi baik terhadap kendaraan kesayangan. Pergantian oli transmisi dapat dilakukan secara rutin jika kendaraan telah melalui jarak 25.000 hingga 50.000 kilometer. Kendaraan Anda pun dipastikan akan selalu dalam kondisi prima.

Memanaskan Mobil Secara Rutin

Selanjutnya, cara merawat mobil matik lainnya yang harus Anda lakukan ialah memanaskan kendaraan secara rutin. Mungkin bagi kita hal tersebut terdengar amat sepele, namun hal tersebut nyatanya memiliki efek yang cukup besar terhadap mesin kendaraan. Terlebih jika Anda jarang menggunakannya untuk bepergian dan hanya berakhir di garasi selama berhari-hari.

Tentu memanaskan mobil tidak dapat kita sepelekan, dengan melakukannya secara rutin setiap harinya akan menjaga kondisi mesin selalu dalam keadaan prima. Hal ini dilakukan untuk menjaga kinerja mesin mobil matik yang kita miliki.

Bahkan Anda tidak perlu berlama-lama dalam memanaskan kendaraan matik. Cukup hanya dengan meluangkan waktu minimal 30 detik hingga 1 menit pada setiap pagi, hal tersebut dapat menjaga kondisi mesin dengan baik. Pastikan tuas transmisi berada pada posisi netral dan juga kondisi Ac mati, pada saat Anda memanaskan kendaraan.

Memahami serta Menggunakan Persneling dengan Tepat

Cara terakhir yang akan diulas untuk merawat mobil matik milik Anda ialah, pahami bagaimana cara penggunaan persneling yang baik dan juga tepat. Hal ini akan sangat berpengaruh pada mesin mobil matik kesayangan. Jangan sampai Anda memposisikan tuas pada simbol P atau Parking saat mobil tidak benar-benar dalam keadaan parkir atau berhenti.

Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi kendaraan. Selain itu kita juga tidak boleh memposisikan tuas pada simbol D ketika ingin parkir pada suatu lokasi tertentu. Pada saat Anda terjebak dalam kemacetan, baiknya posisikan tuas pada simbol N. Pahami dengan baik penggunaan persneling untuk menjaga performa kendaraan.

Merawat kendaraan pribadi tentu adalah kewajiban agar kita selalu nyaman berkendara. Selain kendaraan pribadi, Anda juga dapat menyewa kendaraan untuk sekedar rekreasi atau perjalanan dinas. Rainbow Rent Car merupakan penyedia jasa sewa kendaraan dengan performa yang tidak perlu diragukan sehingga tak perlu memikirkan cara merawat mobil matik.

3 thoughts on “4 Cara Merawat Mobil Matik agar Tetap Prima saat Digunakan

  1. […] satu hal penting dalam perawatan mobil ialah menjaga kabin mobil. Jika Anda memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, tentu harus paham […]

  2. […] perawatan mobil, Anda perlu mengetahui tips dan juga trik dalam mencuci mobil warna gelap. Mobil berwarna hitam […]

  3. […] headlight atau lampu depan mobil. Sebenarnya inspeksi headlight sebagai bagian rutin dari perawatan mobil […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *