Posted on Leave a comment

4 Tips Parkir Mobil bagi Anda yang Belum Lancar

tips parkir mobil

Apakah Anda merupakan pengemudi pemula yang membutuhkan tips parkir mobil? Maka di sinilah Anda bisa menemukan jawabannya. Sebagai seorang pengemudi pemula, Anda tidak perlu berkecil hati apabila masih belum lancar karena memakirkan kendaraan bisa jadi menakutkan jika kita memikirkan risiko yang mungkin menimpa Anda.

Mulai dari ketakutan menggores kendaraan lain yang sedang parkir, merusak mobil sendiri atau properti umum, hingga kemungkinan mobil tidak terparkir dengan benar sehingga mobil berjalan mundur atau maju menuruni jalan yang bisa saja menimbulkan kerusakan lebih parah hingga mengancam nyawa. Cukup menyeramkan, bukan?

Meskipun begitu, jangan khawatir saat memarkirkan kendaraan di tempat parkir umum. Tidak ada yang tidak bisa dipelajari termasuk teknik memarkirkan kendaraan dengan baik. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dijabarkan lebih lanjut mengenai tips-tips untuk memarkirkan kendaraan bagi kita para pengemudi pemula.

Memperkirakan Jarak Mobil

Tips parkir mobil pertama adalah memperkirakan jarak mobil. Jadi, sebelum parkir, pastikan terdapat jarak yang cukup antara kendaraan lain atau hal yang mungkin membatasi mobil Anda. Jangan lupa untuk memberi jarak yang cukup bagi Anda untuk membuka pintu. Dengan begitu, kita bisa dengan mudah keluar dari mobil.

Terlebih dahulu, lakukan perhitungan jarak antara sisi kanan dan kiri kendaraan dengan teliti. Setelah itu, Anda bisa mundur atau maju bergantung dengan posisi apa yang dibutuhkan. Pastikan Anda paham kapan harus memindahkan persneling ke gigi satu atau gigi mundur serta menginjak pedal rem.

Memanfaatkan Kamera yang Ada di Belakang Mobil

Tips parkir mobil berikutnya ialah memanfaatkan kamera yang ada di belakang kendaraan. Seiring berkembangnya zaman fitur kamera kecil dihadirkan untuk memudahkan para pengguna mobil dalam memarkirkan mobilnya. Sebagian besar kendaraan keluaran baru sudah menyertakan fitur yang memudahkan kita untuk parkir.

Dengan begitu, pengemudi dapat memarkirkan kendaraan dengan lebih mudah karena fitur kamera ini mampu membantu pengemudi untuk mengetahui dengan jelas keadaan di belakang kendaraan. Setelah kita berhasil memarkirkan kendaraan, pastikan kita tidak lupa untuk memasang rem tangan karena hal ini penting untuk menjaga kendaraan stabil.

READ  Berbagai Jenis Mobil di Indonesia yang Populer

Pada umumnya fitur kamera ini sudah satu paket dengan fitur sensor. Dengan begitu, kita pun dapat semakin lebih mudah dalam memarkirkan kendaraan kesayangan. Akan tetapi, oleh karena kedua fitur ini posisinya di bawah, maka keduanya sangat rawan terkena kotoran, jadi pastikan kita rutin melakukan perawatan.

Memperhatikan Kaca Spion

Tips parkir mobil selanjutnya merupakan salah satu tips yang sering disepelekan kebanyakan orang padahal penting diperhatikan. Meskipun saat ini, telah hadir fitur kamera dan fitur sensor di belakang mobil yang dapat membantu Anda memarkirkan kendaraan, jangan sampai Anda malah menyepelekan fungsi spion.

Perlu Anda ketahui bahwa spion merupakan salah satu bagian terpenting untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Melalui spion Anda bisa melihat sisi samping ke belakang mobil. Area pandang inilah yang tidak dapat dilihat oleh kamera. Terlebih lagi, ada kalanya fitur sensor tidak akurat sehingga tetap harus berhati-hati.

Anda bahkan bisa menggunakan spion yang ada sebagai patokan saat memarkirkan kendaraan kesayangan secara tegak lurus. Caranya bahkan cukup mudah yaitu dengan mensejajarkan spion kendaraan dengan spion kendaraan yang telah parkir terlebih dahulu. Akan tetapi, tetap beri jarak, ya? Agar kita bisa keluar kendaraan.

Membuka Jendela dan Mematikan Audio

Tips parkir mobil keempatadalah dengan membuka jendela dan mematikan audio kendaraan. Dengan membuka jendela, maka kita dapat melihat lebih jelas kondisi tempat Anda hendak parkir. Cara ini dapat memudahkan kita menemukan tempat kosong untuk parkir serta melakukan perkiraan jarak aman.

Dengan membuka jendela Anda bisa lebih mudah berkomunikasi dengan tukang parkir. Sementara itu, mematikan audio bertujuan agar Anda bisa lebih fokus dalam memarkirkan mobil. Di tambah lagi, Anda akan lebih mudah mendengarkan instruksi tukang parkir jika tidak ada suara audio yang memecah konsentrasi Anda.

Bagi Anda yang masih merasa tidak yakin untuk mengendarai mobil sendiri terlebih lagi jika bukan mobil milik sendiri, maka Rainbow Rent Car hadir dengan harga sewa yang kompetitif. Jasa supir yang ditawarkan dipastikan berpengalaman, jadi tips parkir mobil jelas sudah di luar kepala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *