Posted on Leave a comment

Kampas Kopling Mulai Tipis? Kenali 6 Tandanya

kampas kopling mulai tipis

Bagi Anda yang hobi berkendara menggunakan mobil, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah kopling, termasuk kampas kopling mulai tipis. Kopling sendiri merupakan salah satu perangkat penting yang ada di dalam mobil. Fungsinya sendiri ialah untuk memutus serta menghubungkan mesin dengan sistem transmisi.

Kampas kopling sendiri ialah komponen yang paling sering mengalami aus hingga terbakar. Penyebabnya pun bermacam, mulai dari penggunaannya yang sudah cukup lama atau karena pemakaiannya yang salah. Berikut beberapa tanda ketika kampas kopling mobil Anda sudah mulai menipis.

Akselerasi Terbilang Lemah

Tanda pertama yang perlu Anda ketahui ketika kampas kopling mulai tipis ialah ketika akselerasi mulai lemah. Tanda ini dapat diidentifikasi atau dirasakan ketika Anda sebagai pengendara, menginjak pedal gas. Pedal gas yang diinjak ketika akselerasi lemah, tidak akan menambah kecepatan melainkan mengeluarkan suara decitan hingga raungan mobil.

Tentu akselerasi yang lemah akan berakibat fatal dalam perjalanan jika mobil melaju pada area tanjakan, terlebih jika terdapat mobil lain di belakang kendaraan Anda. Hal tersebut terjadi karena, kondisi macet yang disebabkan akselerasi lemah akan berakibat pada berhentinya mobil walaupun mesin masih hidup.

Mulai Timbul Bau Gosong

Tanda kedua yang mudah sekali ditemukan ketika kampas kopling mulai tipis ialah timbul bau gosong pada kendaraan. Bau gosong dapat timbul ketika komponen ini mulai aus. Bau gosong sendiri dihasilkan dari gesekan antara piringan kampas kopling yang cukup sering sehingga menimbulkan hangus.

Bau gosong ini juga biasa muncul pada saat kendaraan mobil pribadi Anda melintasi turunan atau pun tanjakan yang cukup curam. Pada kondisi tersebut memang biasanya kampas kopling akan bekerja lebih keras sehingga akan lebih mudah dan cepat hangus dan menimbulkan bau gosong sebagai tanda kampas kopling aus.

Putaran yang Tinggi pada Mesin

Tanda ketiga yang perlu Anda perhatikan ketika kampas kopling mulai menipis ialah ketika putaran mesin yang terjadi cukuplah tinggi. Hal tersebut juga terjadi dan dipicu karena akselerasi dari komponen mobil ini cenderung melemah dan permukaan kampas yang bersifat licin. Kondisi ini termasuk tanda-tanda kampas kopling sudah tipis.

READ  Cegah Kebakaran pada Mobil dengan 4 Langkah Mudah Ini

Ketika putaran pada mesin yang cenderung amat tinggi dan jauh dari kata kondisi normal, akan menjadikan suhu mesin mobil sangat meningkat secara tiba-tiba. Kondisi mesin panas dapat menyebabkan asupan Anda sebagai pengendara akan berkurang. Tentu hal ini akan membuat Anda tidak nyaman saat berkendara.

Tuas Transmisi Mulai Keras saat Dioperasikan

Komponen yang hanya berada pada mobil manual ini tentu memiliki fungsi penting dalam proses transmisi gigi. Ketika tuas transmisi mulai berat dan sulit dipindahkan atau digeser, menjadi tanda berikutnya bahwa kampas kopling mulai tipis. Kondisi ini bahkan dapat dirasakan oleh Anda sebagai pengendara ketika dalam kondisi netral sekalipun.

Kondisi kerasnya tuas transmisi saat dioperasikan ialah karena transmisi dari gigi yang sulit untuk terhubung. Sulit terhubungnya transmisi ini tentu diakibatkan oleh putaran mesin gigi yang tidak sesuai dengan lajur atau dengan kata lain tidak tepat. Tentu amat berbahaya ketika Anda sedang mengendarai kendaraan tersebut.

Jarak Injak Pedal Kopling Memendek

Menginjak pedal dan melepasnya untuk digantikan pelan-pelan menginjak pedal gas tentu adalah hal yang biasa dilakukan ketika berkendara dengan mobil manual. Salah satu tanda lain ketika kampas kopling mulai tipis ialah memendeknya jarak injak pedal kopling pada mobil Anda. Yap, jelas tanda tersebut dapat menjadi indikasi ketika komponen mobil ini mulai habis.

Tentu akan membuat Anda sebagai pengendara merasa ganjal ketika berkendara menggunakan mobil tersebut. Berbahaya? Ketika kampas mobil mulai habis, tentu akan menurunkan performa dari mobil tersebut. Ketika tanda tersebut telah dirasakan, Anda perlu menjadwalkan kapan mobil diservis untuk diperbaiki.

Terjadinya selip kopling

Tanda terakhir yang mungkin Anda rasakan ketika kampas kopling mobil Anda telah menipis ialah terjadinya selip kopling. Tentu hal tersebut amat lumrah terjadi mengingat kampas kopling mobil yang mulai aus dan menipis akan bekerja dengan tidak optimal. Sehingga Anda harus secepatnya mengganti komponen mobil tersebut.

Jika belum sempat melakukan servis, Anda juga dapat menyewa mobil agar berkendara lebih nyaman. Anda dapat menyewa mobil pada jasa Rainbow Rent Car untuk memperoleh mobil dengan kondisi prima. Dengan begitu, Anda tidak perlu memikirkan kampas kopling mulai tipis karena jasa ini sudah memastikan performa mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *