Posted on Leave a comment

Mengenali Kerusakan Pada Mobil dari Berbagai Indikasi

kerusakan pada mobil

Mengenali berbagai macam Kerusakan Pada Mobil Anda adalah hal penting. Anda bisa langsung mengambil langkah yang tepat dengan mengetahui berbagai gejala kerusakan tersebut sehingga mobil Anda bisa terselamatkan dengan cepat dan tidak terjadi rusak yang lebih parah.

Di antara banyak kerusakan yang terjadi pada mobil adalah rem yang rusak, AC, dan banyak lagi lainnya. Misalnya saja Anda mendapat AC mobil yang kadang dingin namun tiba – tiba menjadi tidak dingin padahal sudah dalam kondisi on. Atau mungkin kasus lainnya.

Untuk itu, perlu pengetahuan lebih mendalam untuk mengenali apa penyebab kerusakan pada bagian mobil Anda. Berbagai bagian mobil seperti rem, AC, dan knalpot adalah fitur penting yang harus selalu dijaga agar kondisi selalu prima sehingga performanya tetap baik.

Kerusakan pada Mobil, Ciri Rem Rusak

Berikut ini adalah ciri yang akan Anda temui apabila rem pada mobil Anda mengalami kerusakan.

Saat mengerem, ada getaran di roda,

Jika rem mobil Anda rusak, maka Akan terasa getaran pada roda saat mengerem. Akibat terlambat mengganti kampas rem, maka disc brake atau permukaan rotor menjadi tidak rata. Rotor tersebut berfungsi untuk menurunkan kecepatan mobil dengan gesekan bantalan rem.

Suara rem berisik

Jika Anda mendapati suara yang berisik pada rem, maka segeralah ganti kampas remnya. Suara itu muncul karena pada motor terjadi gesekan bantalan rem yang aus menyisakan plat besi. Saat di rem, rotor dan bantalan rem bergesek kencang dan timbul suara berisik di roda mobil.

Bau tajam di rem,

Saat menghadapi kondisi jalan terjal, maka pengemudi lebih refleks untuk mengerem. Saat itu pula terjadi peningkatan gesekan yang menjadikan temperatur pada rem meningkat tinggi dan timbul bau seperti terbakar atau gosong. Jika terjadi hal tersebut, segera hentikan mobil Anda.

Biarkan mobil Anda diam sejenak sampai kondisi rem nya jadi lebih dingin. Ada kemungkinan kampas rem Anda sudah aus dan segera bawa ke bengkel agar bisa dilakukan penanganan yang tepat dan mobil terhindar dari kerusakan lebih lanjut.

Kerusakan pada Mobil, AC yang Berdesis

Pada mobil ber-AC tentunya timbul berbagai kerusakan. Salah satu kerusakan yang ditimbulkan adalah AC yang berdesis. Hal itu disebabkan oleh :

READ  Menjaga Kabin Mobil agar Tetap Dingin dengan 4 Langkah Ini

Katup ekspansi terhalang.

Katup ekspansi adalah lubang – lubang kecil di pipa AC sebagai tempat keluarnya freon ke evaporator yang tekanannya rendah dari saluran tinggi. Kalau katup ekspansi tersumbat atau mampet akan terdengar bunyi desis karena aliran freon yang lebih cepat.

Kehabisan freon.

Saat freon kurang atau habis, agar bisa tetap berfungsi dengan baik maka freon akan ditekan secara kencang oleh kompresor. Freon akan melewati katup ekspansi dengan kencang. Karena hal inilah ada bunyi desis pada kisi – kisi AC dan AC juga tidak bisa dingin.

Kerusakan thermostat.

Udara yang melewati blower akan terdeteksi oleh sensor thermostat. Sensor ini memiliki fungsi untuk mendeteksi suhu AC dan jika rusak maka pengukuran suhu bisa jadi tidak akurat. Dan kompresor bekerja semakin keras sehingga freon mengalir lebih cepat dan terjadi bunyi desis.

Mengatasi Lampu Berembun agar Terhindar dari Kerusakan pada Mobil

Jika lampu mobil Anda berembun, maka bisa diatasi dengan berbagai langkah berikut. Pertama, cek bagian belakang pada lampu apakah ada yang tersumbat atau tidak. Jika ada, bersihkan kotoran yang menempel. Dengan cara melepaskan ke arah jarum jam, keluarkan embun lewat lampu sein.

Setelah itu, hidupkan lampu mobil untuk beberapa saat agar embun hilang dan jika sudah kering pasang kembali lampu sein. Ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat sirkulasi udara masuk dengan membuka karet penutup di bagian belakang dan uap akan hilang dengan sendirinya.

Tapi kalau embun sudah banyak akan sulit diatasi sehingga tidak ada pilihan lain selain membuka mika lampu agar air yang masuk bisa dikeluarkan. Jika semua embun sudah dikeluarkan, maka tampilan lampu akan lebih cantik.

Cara terakhir adalah dengan menjauhkan mobil dari cuaca dingin. Jika menghadapi cuaca dingin, berhenti dan berteduhlah sejenak agar tidak terkena hujan sehingga lampu tidak berembun. Saat berteduh, hidupkan lampu mobil agar suhunya tidak rendah dan tidak terjadi pengembunan.

Setelah mengetahui ciri-ciri kerusakan mobil, Anda akan mampu mengambil langkah tepat untuk menghadapi kondisi tersebut. Mobil memang berguna untuk banyak kebutuhan. Anda bisa menyewa mobil premium di Rainbow Rent Car, dengan berbagai pilihan dan kualitas terjamin dan terhindar dari Kerusakan Pada Mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *