Posted on Leave a comment

Tips Mengatasi Masalah Audio Mobil yang Umum Terjadi

masalah audio mobil

Salah satu permasalahan sederhana yang sering terjadi pada mobil ialah masalah audio mobil. Audio mobil mungkin terdengar bukan fungsi yang cukup krusial. Tetapi yakinlah tanpa adanya sedikitpun audio dalam mobil, perjalanan anda akan terasa sangat membosankan. Permasalahan yang cukup mengkhawatirkan, apalagi hendak bepergian jauh bersama teman-teman.

Untuk itu memahami sistem dan solusi dari permasalahan audio mobil cukup penting. Setidaknya untuk permasalahan umum dan sederhana. Agar kelak suatu saat jika terjadi kerusakan secara mendadak, anda tidak perlu repot untuk membawanya ke bengkel dan menghabiskan uang.

Adapun permasalahan paling umum yang sering terjadi ialah radio yang tidak mau menyala atau mati saat melewati gundukan. Penyebab paling umum dari masalah ini adalah sekring putus, unit audio dimatikan, koneksi longgar, atau kabel terputus.

Berbagai Masalah Audio dan Solusi untuk Mengatasinya

Permasalahan pertama ialah head unit yang baru dipasang tidak memiliki daya. Jika ini terjadi, penting untuk memastikan bahwa amplifier belum dialihkan ke mode perlindungan. Jika daya yang dihasilkan oleh alternator terlalu banyak untuk ditangani oleh amplifier, ia akan melindungi dirinya dari kerusakan dengan mengaktifkan mode proteksi.

Permasalahan kedua ialah speaker tidak menghasilkan bass apapun. Kurangnya bass pada sistem stereo dapat disebabkan oleh banyak hal. Hal pertama yang perlu Anda periksa adalah kontrol audio, seperti kontrol keseimbangan, fader, bass. Pastikan bahwa mereka disesuaikan dengan benar.

Jika pengaturan ini benar, Anda mungkin perlu menyesuaikan DSP atau EQ Anda ke pengaturan yang berbeda. Verifikasi polaritas di speaker kiri dan kanan untuk memastikan keakuratannya. Jika semuanya gagal, Anda dapat mencoba mengatur ulang stereo kembali ke spesifikasi pabrik.

Jika semua cara ini tidak bekerja, pilihan terakhir Anda adalah mengunjungi ahli stereo mobil setempat. Mungkin ada masalah audio mobil anda dengan pemasangan atau koneksi speaker. Anda juga bisa belajar bagaimana mengatasi permasalahan ini langsung dari teknisi profesional.

Permasalahan Suara yang Tidak Diinginkan atau Suara Putus-Putus Melalui Speaker

Suara mendesis, merengek, berdengung, atau statis yang keluar dari speaker Anda dapat disebabkan oleh beberapa masalah. Hal pertama yang Anda ingin pastikan adalah bahwa receiver Anda diardekan dengan aman. Pengardean yang tidak tepat adalah salah satu penyebab terbesar timbulnya suara yang tidak diinginkan.

READ  Ternyata Remote Starter Mobil Memiliki Banyak Manfaat

Radio statis dapat disebabkan oleh derau antena. Cara terbaik untuk memverifikasi ini adalah dengan memverifikasi apakah hanya ada saat mendengarkan radio, bukan CD, Auxiliary, atau fungsi USB. Percaya atau tidak, suara rengekan bisa disebabkan oleh suara mesin dan alternator.

Jika ini penyebabnya, Anda dapat memasang filter kebisingan alternator pada saluran listrik antara baterai dan alternator untuk meminimalkan masalah. Filter kebisingan untuk daya penerima juga dapat membantu. Pada akhirnya, biasanya masalahnya adalah koneksi ground yang longgar atau terputus-putus.

Penyebab suara tiba-tiba terputus pada sistem audio mobil dapat disebabkan oleh putusnya kabel speaker. Ini juga bisa disebabkan oleh amplifier yang buruk atau kabel yang salah ke amplifier. Jika semua pemeriksaan ini tidak membuahkan hasil, head unit Anda mungkin telah gagal.

Masalah Audio Mobil yang Kerap Terjadi Akibat Permasalahan Spare Part

Masalah yang pertama ialah stereo terlalu panas. Penyebab paling umum stereo menjadi terlalu panas adalah kabel yang rusak. Jika Anda tidak dapat melihat atau menemukan kabel yang rusak, yang terbaik adalah mencari bantuan profesional dari perusahaan terkemuka. Perangkat elektronik yang terlalu panas bisa sangat berbahaya.

Masalah kedua ialah grounding yang buruk. Masalah ini dapat menyebabkan amplifier Anda putus. Ketika stereo mobil dinaikkan, amplifier menarik lebih banyak arus. Jika kabel arde sistem terganggu, amplifier tidak dapat menarik arus yang dibutuhkan. Gejala dari alternator ini adalah suara merengek atau kualitas suara yang buruk.

Clipping adalah hasil dari penguat yang daya telah dimaksimalkan atau mencapai kemampuan tegangan maksimum sinyal. Jika daya tidak dihasilkan dengan cukup cepat, sinyal dapat terdistorsi atau terpotong. Seiring waktu, jika daya kontinu yang tidak memadai secara teratur tersedia untuk pengaturan volume tinggi, kliping dapat menjadi masalah. Untuk menghindari permasalahan ini, anda dapat memilih Rainbow Rent Car sebagai partner rental mobil anda. Mobil-mobil yang ditawarkan perusahaan ini sudah terjamin kualitasnya dan pastinya selalu dilakukan uji QC setiap saat. Dengan teknisi profesional, Rainbow Rent Car menjamin kualitas mobil rental terhindar dari berbagai masalah audio mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *